Tampilan Aplikasi : TBODELISA Mobile (Android)

Berikut ini adalah tampilan dari sistem berikut cara penggunaannya *kaku banget bahasanya, hahaha..

1. Sebagai Admin
Untuk user aplikasi yang bertindak sebagai admin TBODELISA, disini hanya dibatasi 1 orang. Yaitu yang sudah terdaftar di aplikasi sebagai admin.
a. Tampilan Home/Menu
Untuk home/menu, jika pengguna aplikasi belum melakukan login, maka hanya akan mendapat 2 menu yang ditampilkan. Sedangkan apabila sudah melakukan login, maka admin akan mendaptkan 4 menu yang ditampilkan, sebagai berikut:

Tampilan Home Admin
b. Tampilan List Of Books
List Of Books berisi daftar buku yang sudah terdaftar di aplikasi TBODELISA. Di setiap buku, dapat dilihat detail atau synopsis dari buku tersebut.  Untuk deskripsi buku, dapat diubah sesuai dengan keinginan.  Admin juga dapat merubah status buku dari available menjadi not available dengan menggunakan tombol status. Fungsi ini memungkinkan jika buku tidak ada stok. Admin juga dapat menambah buku baru.

Tampilan list of book sebelum revisi, hahaha XD
Jadi tuh pas sidang, ketauan lah aku kalau belum dikasih halaman untuk edit..hahahhaa. Akhirnya aku kasihlah itu edit. Ada 3 macam fungsi edit, yaitu edit book info, edit book price, dan edit book stock. Tampilannya ada di bawah ini :D


inilah tampilan list of book setelah revisi XD (edit book info)
Edit book info digunakan saat admin ingin mengubah informasi buku.


tampilan edit price
Edit price digunakan admin untuk mengubah harga buku. Di halaman ini juga ter-record perubahan2 harga, waktu perubahan dan status harganya. Status harga yang aktif hanya satu.


edit stock
Untuk tambah buku, terdapat isian weight, yang nantinya akan menjadi perhitungan saat perhitungan ongkos kirim JNE.


tampilan tambah buku :)
c. Tampilan Information
Dalam tampilan information berisi informasi rekening dari TBODELISA. Rekening di sini adalah rekening yang digunakan sebagai rekening tujuan transfer oleh pelanggan saat akan membayar tagihan buku saat pembelian.

tampilan information :)
d. Tampilan List Payment and Order
Menu ini digunakan untuk dapat melihat daftar konfirmasi pembayaran dari pelanggan dan juga daftar pesanan yang belum dilakukan konfirmasi pembayaran oleh pelanggan.

Di dalam menu ini terdapat 2 tab. Tab 1 untuk List Payment sedangkang tab 2 untuk List Order. Dari list payment, dapat diketahui detail payment, detail alamat pengiriman, dan detail pesanan (termasuk keterangan dengan tanda tangan atau tidak). 

Dalam list payment ini, admin dapat memverifikasi pembayaran yang masuk apakah sesuai atau tidak. Jika tidak sesuai, admin dapat memilih untuk melakukan reject pembayaran yang sekaligus akan merubah status order pembelian menjadi rejected. 


Jika pembayaran sudah sesuai, maka admin memilih confirm. Confirm bearti pesanan akan segera disiapkan dan pembayaran telah diverifikasi oleh admin. 

Sedangkan untuk list pesanan, tidak terdapat informasi payment info dan di list pesanan ini pun tidak dapat melakukan verifkasi (verify).  Jika pelanggan dalam waktu 2 hari tidak melakukan konfirmasi pembayaran, maka pesanan tersebut akan otomatis berubah menjadi cancelled dan tidak akan ditampilkan lagi di list order.

e. Tampilan Sales Report
Sales report, ini adalah menu hanya untuk admin yang berguna untuk melihat laporan penjualan per periode yang diinginkan. Dalam sales report ini, dapat dipilih period-nya monthly ataupun range. Terdapat 2 tipe laporan, yaitu:

1. Sales Report by Period

tampilan report per periode :D

2. Sales Report by Book

tampilan report per buku :D
2. Tampilan sebagai pelanggan

a. Tampilan Home/Menu

Pertama kali membuka aplikasi TBODELISA, pelanggan hanya akan disuguhi 2 menu utama, yaitu List Of Books dan Information. Untuk dapat melakukan pesanan, pelanggan harus login ke dalam aplikasi. Untuk pelanggan baru yang belum mempunyai username/password, harus mendaftar terlebih dahulu.


Dalam form registrasi, pelanggan harus memilih provinsi dan kota. Provinsi dan kota ini langsung diambil dari data JNE. Alamat ini akan menjadi default pengiriman saat melakukan pemesanan. Untuk admin, province dan city nanti saat pendaftaran admin juga harus memilih dengan tepat. Karena ini akan menjadi perhitungan ongkos kirim. 

b. Tampilan List Of Books
Sama halnya dengan admin, List Of Books ini berisi daftar buku yang dapat dipilih oleh pelanggan. Perbedaannya, untuk buku yang statusnya not available, tidak dapat dipilih oleh pelanggan.


Untuk buku yang statusnya tidak aktif tetapi sudah terlanjur sudah masuk ke dalam cart, buku tersebut jadi tidak dapat dipilih di cart :p

Di halaman cart, pelanggan dapat menghapus buku dari cart. Pelanggan juga dapat mengisi jumlah buku yang ingin dibeli. Untuk membeli, pelanggan harus memilih buku dan memilih pilihan checkout.

c. Tampilan Order
Setelah memilih buku dari cart, pelanggan akan masuk ke halaman order.


Di halaman order, terdapat 3 bagian yaitu : 
1. Books Info : berisi info buku yang dipesan. Di bagian ini juga pelanggan dapat memilih ingin mendapat tanda tangan dalam buku atau tidak. Jika tidak, maka tidak dicentang.

2. Shipping Address : berisi info pengiriman. Isian ini akan default dari profil tetapi masih bisa diubah. Jika mengubah alamat provinsi atau kota, maka otomatis akan mempengaruhi perhitungan ongkos kirim JNE.

3. Order Info : berisi info order. Untuk nomor order, otomatis digenerate dari aplikasi. Nomor ini mempunyai arti : 
SO : Sales Order
2015 : Tahun transaksi
05 : Bulan transaksi
-xxxxx : urutan transaksi

Untuk ongkos kirim, aplikasi ini langsung menembak ke database JNE. Maka perhitungannya tergantung dari alamat kirim dan juga berat bukunya. 

d. Tampilan Confirm Payment
Menu ini digunakan untuk melakukan konfirmasi pembayaran atas pesanan. Untuk order number, akan otomatis berisi pilihan pesanan-pesanan yang telah dilakukan. Transfer to juga akan ada pilihan ke rekening TBODELISA yang mana.


e. Tampilan Tracking Order
Menu ini digunakan untuk melihat status pesanan. 


Aaaaah sudah segini aja deh dokumentasi ini.. Aplikasi yg sungguh sangat sederhana sekali..wkwkwkwk XD

Comments

  1. Udah cari aplikasi TBODELISA ini tp kok nggak ada ya

    ReplyDelete
  2. Penjelasan yang sangat menarik dan mudah dipahami mengenai aplikasi sales order tbodelisa.

    ReplyDelete

Post a Comment