Sekilas Aplikasi : TBODELISA Mobile (Android)

Selamat pagi menjelang siang (10:36 wib) semuanyaaa :D. Bagaimana kabarnya? Lagi apa nih di hari sabtu yang cerah ceria ini? :D #basa basi macam apa iniii..lol XD

Hari sabtu yang seharusnya libur dan santaiii, kali ini malah harus ngantor akibat kerjaan yang segudang banyaknyaaa +____+

Karena skripsi sudah selesai, aku pengen ahh mendokumentasikan aplikasi jadi-jadian aku yang kemaren buat skripsi..wkwkwk. Buat kenang-kenangan aja sih, kali-kali aja nanti pas udah nenek-nenek, cucu aku nanya "nek, dulu nenek pas kuliah skripsinya bikin apa?" Trus kan aku tinggal suruh cucu aku itu buka blog ini "itu cu, nenek udah pernah tulis di blog nenek..lihat di situ aja yaa.. soalnya nenek udah lupa-lupa..semoga aja belum diremove ini blognya..hahaha.." #Tuh kan makin ngaco jadinya #Percakapan yang tidak mungkin #Jaman cucu aku kayanya udah ga ada skripsi XD

Udah ahh cukup disini basa-basinya, nanti jadi basi beneran :|. 


*****

Jadi, kemaren pas skripsi aku beneran gada ide mau buat aplikasi apaaaaan. Pas pertamanya aku malah ga kepikiran mau buat aplikasi android, soalnya ga ngerti sama sekali :|. Tapi ternyata, Allah swt menunjukkan jalan. Aku tiba-tiba diassign ke bagian techdev alias technology developer, bagian yang ngedevelope aplikasi2 ataupun sistem2 di kantor aku. Aku jadi berpindah ke techdev selama sebulan. Di sana suruh bantuin untuk kerjain SunFish HR Mobile. Dari situlah aku mulai belajar membuat aplikasi mobile. Awalnya ngerasa kesusahan banget, ga mudeng, tapi lama-lama rada ngeh juga..wkwkwk

Setelah itu aku kepikiran buat bikin aplikasi android aja untuk skripsi (dengan modal belajar selama sebulan itu). Tapi tetep pusing tentang mau bikin aplikasi apaaaan.. Akhirnya aku putuskan untuk buat salah satu menu SunFish ERP client untuk dijadikan berbasis android. Kaya pengajuan gitu. Aku kerjain udah hampir jadi, tapi aku masih ngerasa ga jelas dengan client aku, karena belum ada balesan apa boleh atau tidak untuk membuat aplikasi di situ. 

Akhirnya aku kembali galauuuu..bikin aplikasi apaaa enaknyaa. Kemudian muncullah ide di saat sedang di kamar mandi..hahaha. Saat mandi tiba-tiba muncul ide. " Gimana kalau bikin aplikasi untuk TBODELISA aja yaa? ". Kebetulan itu aku lagi bepikir pengen beli novel Tere Liye. Akhirnya aku cobain bikin aplikasi untuk TBODELISA. Awalnya sih cuma coba-coba dan iseng aja.. File pertama aja namanya "coba.html"..wkwkwkwk. Saking itu sebagai iseng dan cobain ajaaa..

Untuk yang belum tau apa itu TBODELISA? TBODELISA adalah toko buku online miliknya Riski Amelia istrinya Bang Tere Liye. Jadi, kalau beli di TBODELISA, itu dapet diskon khusus, harganya lebih murah dari pasaran. Udah gitu, dapet tanda tangan asli dari Bang Tere, secara memang beli dari penulis aslinya :D. Aku udah beberapa kali sih beli di TBODELISA. Terpercaya, karena memang langsung dari penulisnya dan tentunya enaknya dapet tanda tangan di buku yang kita beli..hehehe :)). Oiya, ada juga blog TBODELISA. Di situ bisa dilihat informasi2 mengenai buku, pemesanan, pembayaran, pengiriman, dll.

Dari situ aku mencoba untuk membuat aplikasi tersebut. Pulang kerja ngerjain sampee maleeem, malem minggu ngerjaiiin sampe dini hari, libur ngerjaiiiin.. *kaya yang rajin banget yaa? lol XD. Akhirnya aku memutuskan untuk mengubah judul skripsi aku. Kebetulan ganti juga pembimbingnya, akhirnya aku mengajukan skripsi aplikasi tsb. Alhamdulillah diapprove. Aku pun meminta ijin dari mba Riski Amelia selaku owner dari TBODELISA untuk menjadikan TBODELISA objek skripsi aku dan untuk membuat aplikasi TBODELISA berbasis android. Alhamdulillah mba Riski yang cantik dan baik hati pun mengijinkan. Dan yaaah..akhirnya aku membuat aplikasi tsb untuk skripsi..Bismillah :D


*****

Pembuatan aplikasi ini sebenernya ga murni dengan coding android. Aku pakai bantuan phonegap untuk merubahnya menjadi apk :D. Jadi aku pakai html dan pakai CF dalam codingnya.. Kemudian saat mau testing atau debug di hp android, upload ke build.phonegap, kemudian dia bakal ubah ke apk untuk android, lalu bisa juga untuk iOS dan juga windows phone. 

Kenapa pakai phonegap? Karena itu lebih mudah..hahaha. Dan udah ga banyak waktu lagi untuk kembali belajar coding android yang sesungguhnya, jadi aku manfaatin aja yang emang udah bisa, kebetulan di kerjaan sehari-harinya coding pakai CF, yauda deh aku pakai CF aja..hehehe. Untuk jquery mobile-nya, aku download thema2 gitu. Akhirnya aku pakai thema dari jquery mobile flatui.

*****

Untuk screenshoot dan tampilan aplikasi, lihat di halaman selanjutnya (lihat tampilan aplikasi di sini). Soalnya terlalu panjang kalau ditempel di halaman ini. hihii :))

Comments