Review Novel : Ayah - Andrea Hirata

Satu lagi novel Andrea Hirata berjudul "Ayah". Salah satu novelis kebanggaan Indonesia ini sudah tak diragukan lagi kepiawaiannya dalam mengolah kata, dalam berbahasa. Terbukti dengan novel-novel best seller-nya dan sukses dibuatkan film. Karyanya sudah diakui sampai ke seluruh dunia, di-alih bahasa-kan oleh beberapa negara-negara di dunia.

Ya, ini sebenernya sudah lama juga dulu beli novel ini..hehe. Beli pre order dari kutukutubuku.com. Sempat putus juga bacanya, karena fokus skripsi, tetapi setelah beres skripsi, aku lanjutkan lagi bacanya. Daaaaaan novel ini baguuuuus bangetttt menurutku :D.

Baca novel ini ga akan ngerasa bosan. Disamping karena banyak cerita2 kocaknya, kejadian2 kocak, ataupun tingkah laku kocak para tokohnya. Tetapi bukan bearti ini novel isinya cuma komedi aja, di samping dibikin terpingkal, pembaca juga dibuat sedih bahkan mewek apalagi bagi orang mellow kaya aku..hahaha.

Menceritakan tentang Sabari, anak desa terpencil. Pandai dan lihai sekali berpuisi. Bercita-cita menjadi guru Bahasa Indonesia, karena dia emang paling mahir di mata pelajaran itu. Sabari mempunyai sahabat yaitu Ukun, Tamat dan Toharun. Sabari demikian namanya, diberi nama itu dengan harapan akan menjadi orang yang selalu sabar. Suatu hari pada saat ujian masuk sekolah, dia bertemu dengan Marlena. Seorang gadis yang merebut kertas jawabannya. Dan hari itulah, hari dimana awal mula dari kisah besar hidup Sabari.

Novel ini pokoknya sangat sangat sangat recommended banget buat para pecinta novel maupun bukan pecinta novel, buat penyuka puisi maupun bukan penyuka puisi, buat yang suka baca maupun ga suka baca, buat laki-laki maupun perempuan, buat yang jomblo maupun in relationship, *yang ini apa hubungannya?. Karena bagi yang jomblo di novel ini punya temen, yaitu Ukun dan Tamat yang selalu jomblo dengan kisah cintanya yang kocak..hahahaha. Dan yang in relationship, juga bisa ikutan Sabari yang super setia hidupnya, plus bonus puisi2 cinta karya Sabari yang bisa referensi buat ngegombalin, hahaha XD. Pokoknya wajib baca, gakan nyesel deh sist *berasa olshop :p  

Comments