Tidur Lebih Awal, Bantu Tingkatkan Kesehatan


tidur sehat
Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat sehari-hari, seringkali harus bangun lebih awal, melakukan pekerjaan rumah lalu pergi kantor atau beraktivitas lain di luar rumah, dan pulang dengan kondisi yang lelah dan frustasi. 

Salah satu solusi untuk mengatasi lelah dan frustasi yang melanda adalah dengan relaksasi, dan cara yang paling sederhana adalah dengan tidur lebih awal

Tidur merupakan satu-satunya cara proses penyembuhan alami yang membantu badan untuk istirahat dengan mengisi ulang tenaga dalam tubuh setelah merasa lelah dan stress dari aktivitas sehari-hari, sehingga tubuh akan kembali pada fungsi normalnya keesokan harinya. 


Kebiasaan tidur lebih awal merupakan hal baik bagi kesehatan. 6 hingga 7 jam perhari merupakan waktu tidur rata-rata bagi orang dewasa, sedangkan pada anak-anak 8 hingga 9 jam, proporsi waktu tidur yang benar akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan dan juga membantu meningkatkan kecantikan Anda. 

Kebiasaan tidur lebih awal memiliki banyak manfaat baik secara psikologis maupun jasmani berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan. Berikut ini 6 manfaat dari tidur lebih awal yang perlu Anda ketahui :

1. Mengurangi Stress

Sering mengalami stress dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung. Dan tidur merupakan cara alami terbaik untuk mengurangi stress sebagai media relaksasi pikiran. Pasa saat tidur tubuh akan memperbaiki kerusakan fisik dan mental yang menyebabkan tubuh menjadi stress dan memerangi berbagai penyakit.

2. Mengontrol dan mencegah penyakit

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan tidur tengah malam atau begadang akan memiliki peluang lebih besar kemungkinan terkena penyakit jangka panjang seperti kanker dan gangguan jantung, hal ini karena terjadi peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan tidur lebih awal akan membantu Anda mengontrol dan mengatur tekanan darah dalam tubuh dan mencegah dari berbagai penyakit.

3. Meningkatkan ketajaman ingatan

Tidur lebih awal juga membantu pikiran untuk menyimpan informasi yang telah diperoleh selama beraktifitas seharian dengan sangan terorganirsor, sehingga dapat digunakan kembali atau dengan mudah diingat.

4. Meningkatkan kualitas hidup

Dengan tidur akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda dan membuat Anda menjadi lebih menikmati pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari.

5. Meningkatkan energi

Tidur lebih awal dan berkualitas akan membuat Anda lebih berenergi dan bersemangat dalam melakukan aktivitas keesokan harinya. Tidur lebih awal akan meningkatkan level energi dalam tubuh dan membuat Anda merasa lebih fresh saat bangun tidur keesokan harinya dan membantu melakukan pekerjaan lebih baik dan tepat waktu.

6. Membantu menjaga berat badan

Pola tidur yang salah misalnya tidur terlalu awal atau tidur terlalu larut dapat memicu pada masalah berat badan seperti obesitas atau sebaliknya menyebabkan penurunan berat badan. Masalah seperti ini dapat dicegah dan diperbaiki dengan lebih memperhatikan waktu tidur di malam hari.

Comments