Apakah Anda Sudah Mandi Dengan Cara Yang Benar?



Mandi merupakan rutinitas yang dilakukan oleh setiap orang setiap hari. Baik untuk kesehatan maupun perawatan kulit tubuh, mandi merupakan salah satu hal terpenting yang Anda lakukan untuk diri Anda sendiri. Mungkin terdengar sepele. 

Namun, mungkin pernah diantara Anda yang berpikir “Apakah ada cara yang benar untuk mandi?”

Kenapa kita ‘butuh’ mandi?

Setiap hari Anda melakukan aktivitas, seperti bekerja, pergi ke sekolah, dan lain-lain. Begitu juga dengan organ tubuh kita, yang juga sibuk menjalankan fungsinya seharian. Dalam proses mereka bekerja, tubuh menghasilkan sebum dan keringat, yang akan menumpuk pada kulit.


Mandi membantu membersihkan kedua hasil ‘kerja’ tubuh tersebut. Banyaknya sekresi yang dihasilkan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh kondisi geografi tempat Anda beraktivitas, seperti misalnya seseorang yang beraktivitas outdoor akan menghasilkan lebih banyak keringat daripada yang bekerja dibawah AC.

Selain itu mandi juga penting dilakukan untuk membersihkan diri dari debu dan kotoran yang singgah pada tubuh setelah aktivitas seharian. Terutama bagi Anda yang sering pergi traveling, atau bekerja di pelabuhan/outdoor, setidaknya perlu mandi 2 kali sehari.

Apakah ada waktu yang tepat untuk mandi?

Tidak juga. Kapan waktu mandi merupakan pilihan personal, masing-masing individu berbeda. Bagi mereka yang memilih untuk mandi hanya satu kali sehari, mungkin melakukannya pada pagi hari atau malam hari, tergantung pada kepercayaan dan kebutuhan mereka. Namun, waktu mandi yang tepat sangat disarankan saat Anda usai beraktivitas seharian karena saat itu tubuh sudah penuh akan kotoran, keringat, dan lain-lain.

Apakah ada cara yang tepat untuk mandi?

Fungsi primer dari mandi adalah untuk membersihkan tubuh dan meremajakan kulit. Proses dari mandi sendiri sangatlah simple –dan kebanyakan dari Anda pasti sudah mengetahuinya. Namun tidak salahnya untuk mengecek ulang, apakah terdapat proses yang ‘kurang’ saat mandi

Pertama, siram air ke seluruh tubuh, hingga benar benar basah. Hal ini penting untuk pembersihan tubuh tahap awal.

Lalu, usapkan sabun atau gel pada tubuh. Siramkan air sedikit demi sedikit, dan usapkan sabun secara merata ke seluruh tubuh dengan halus. Perhatikan area rawan deposit kotoran seperti telinga, sela-sela jari, kulit di persendian, bersihkan secara merata.

Lalu, bilas dengan air secara merata, dari atas hingga bawah. Apabila Anda juga membersihkan rambut dengan shampo, pastikan agar tidak terdapat sisa shampo pada rambut.

Setelah itu, keringkan tubuh dengan handuk. Selama mengeringkan tubuh, perhatikan area seperti lipatan kulit atau sela-sela kulit, kulit rambut, dan kaki, karena daerah tersebut rawan jamur dan infeksi.

Apakah air panas lebih baik daripada air dingin?

Air panas tidak disarankan bagi Anda yang memiliki alergi dan kulit sensitive karena justru akan memperparah kondisi. Daripada menggunakan airpanas sebaiknya mandi menggunakan air hangat-hangat kuku atau pada temperature ruang.

Apakah bath tub lebih baik dari shower?

Tidak. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Bath tub pada mulanya merupakan kebiasaan para bangsawang yunani. Namun, pada era sekarang ini, bath tub memiliki fungsi kenyamanan seperti untuk relaksasi, hingga cerminan gaya hidup atau kegemaran. Selain itu, mandi menggunakan tub dapat ditambahkan dengan aroma terapi dan herbal produk, oleh karena itu penggunaan tub juga sebagai media pelepasan stress atau relaksasi –dengan berendam.

Apa yang harus dilakukan setelah mandi?

Setelah mandi dan mengeringkan tubuh, pada saat tersebut kulit berada tingkat kelembaban yang baik, sehingga dapat menyerap pelembab lebih cepat. Jadi, lebih baik menggunakan pelembab body lotion atau body butter sesaat setelah mandi.

Anda dapat juga menggunakan bedak antibakteri dan jamur pada area lipatan kulit seperti ketiak, terutama saat musim panas, untuk mencegah infeksi jamur.

Apa yang akan terjadi apabila tidak mandi dengan benar?

Berbagai masalah kulit dapat timbul karena kurang menjaga nilai higienis saat mandi, khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah tropis. Infeksi fungi lebih rentan menyerang seperti tinea dan candida.
Apabila tidak membersihkan tubuh dan kulit dengan benar saat khususnya pada saat musim panas, Anda akan lebih mudah terserang infeksi bakteri seperti impetigo dan folliculitis.

Selain itu tidak mandi juga menimbulkan bau kurang sedap yang dapat mengganggu orang disekitar Anda. Kebersihan tubuh merupakan bagian dari kesehatan dan gaya hidup yang benar.
cara membersihkan tubuh saat mandi, cara mengaplikaksikan pelembab dengan benar, Kegunaan mandi dan waktu mandi yang baik, Mandi tepat waktu, PROSEDUR CARA MANDI YANG BENAR, waktu mandi yang baik untuk tubuh

sumber : http://www.beautydaylily.com/a/apakah-anda-sudah-mandi-dengan-cara-yang-benar/

Comments